Sejarah Android, Awal Mula Hingga Menjadi Raksasa

Hampir seluruh kemudahan yang kita dapatkan hari ini merupakan hasil kerja keras dari seseorang yang sangat jenius di masa lalu. Di era sekarang kita dengan begitu mudahnya mendapatkan berbagai informasi setiap harinya berbagai kejadian berita gosip bahkan promosi online shop terbaru pun langsung akan kita dapatkan. Dari sekian banyak ponsel yang telah beredar kita tentu tidak asing dengan sistem operasi Android. Bahkan saat ini Android merupakan produk unggulan yang digunakan oleh vendor-vendor ponsel papan atas dunia. Ini dia sejarah android yang menarik untuk diketahui.

Pencipta

Di awal sejarah Android, sistem operasi ini diciptakan oleh seseorang bernama Andy Rubin dia lahir di kota California Amerika Serikat. Sejak kecil Andy Rubin sangat tertarik pada bidang teknologi dan digital terlebih ayahnya dulu memiliki usaha yang bergerak di bidang elektronik khususnya pada produk kamera. 

Andy Rubin pernah bekerja untuk perusahaan besar besutan Steve Jobs yaitu Apple. Dia bekerja pada tahun 1989 sampai dengan 1992, kemampuannya mulai terlihat dan terus berkembang. Ada hal unik tentang Andy Rubin ketika dia bekerja di Apple Dia sangat mirip dengan robot karena hal tersebut ia dijuluki Android oleh rekan kerjanya.

Munculnya Android

Karena sering disebut android, hal ini lah yang membuat nama dari Android pertama kali muncul. Akhirnya pada bulan Oktober tahun 2003 hadir bersama tiga rekannya mendirikan perusahaan bernama Android Inc. Kala itu para pendirinya bercita-cita membuat sistem operasi pintar yang dikhususkan untuk kamera digital. Setidaknya cita-cita itu tetap dibawa ketika mereka menawarkan produk ini kepada para investor sampai dengan tahun 2004. Android memutuskan bahwa pasar kamera tidak cukup besar untuk mereka, sehingga Andy Rubin mengalihkan usahanya dan mengeluarkan Android sebagai sistem operasi sebuah ponsel. Pada saat itu Andy Rubin tidak mendapatkan investor yang mau membiayai pengembangan Android. Hal ini dikarenakan Nokia dan Windows masih merajai sistem operasi dari ponsel-ponsel. Beruntung seseorang mau membantunya dengan memberikan uang tunai sebesar 10.000 USD.

Investor besar pertama

Salah satu investor pertama di sejarah android adalah Google. Di pertengahan tahun 2005 Google mengakuisisi perusahaan ini senilai 50 juta dolar Amerika. Walaupun telah diakuisisi oleh Google, Andy Rubin diberi kebebasan penuh untuk mengembangkan perusahaan Android. Ketika dirasa wujud Android ini mulai terlihat pada akhir tahun 2006 hingga pertengahan tahun 2007 Google sibuk mencari rekan bisnis terutama mereka para vendor ponsel yang mau menggunakan sistem operasi Android. Walaupun pada awalnya tidak ada yang ingin bermitra dengan Google. Lebih dari sekedar penolakan Android bahkan diremehkan oleh para pesaing mereka sebut saja Microsoft dan raksasa ponsel saat itu Nokia bahkan petinggi Nokia saat itu mengatakan bahwa suatu hal yang mustahil bagi perusahaan yang mengadopsi Android. 

Tidak ada kata mundur mental baja dan semangat yang sangat besar dari Andy Rubin dan tim salah itu pembuat Android tidak bergeming dengan segala ejekan sampai pada akhirnya OS Android di terima oleh XTC dan kemudian merilis produk ponsel dengan OS Android pertama yaitu XTC J1.

Namun sayang Produk ini tidak benar-benar begitu populer nyaris tak langsung diterima oleh masyarakat. Andy Rubin bersama tim berbenah mereka mencari apa yang kurang mereka memperbaiki bak yang mengganggu pada akhirnya OS Android kemudian banyak diminati.

Hal ini karena adanya niatan para vendor papan atas saat itu sebut saja Samsung Motorola XTC dan Sony ingin menggeser Singgasana air untuk ia BlackBerry dan Windows Phone sebagai raja ponsel dunia. Waktu itu vendor-vendor yang memakai Android semakin hari semakin baik, terobosan mereka selalu ditunggu oleh pemburu. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *