Kelebihan dan Kelemahan Sistem Operasi Android

Apabila kamu pengguna Android kamu pasti ingin mengetahui kira-kira apa saja kelebihan Android ketimbang sistem operasi lain. Sepertinya tidak akan pernah habis kalau kita membahas persaingan antara dua sistem operasi terbesar yakni smartphone Android dan Apple. Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google sedangkan Apel menggunakan sistem operasi DOS untuk perangkat mobile yang dikembangkan oleh mereka sendiri.

Artikel ini merangkum kelebihan dan kekurangan sistem operasi Android dibandingkan OS. Jika kalian merupakan orang yang mengikuti perkembangan teknologi, berarti kalian sebaiknya mengetahui hal-hal berikut ini. 

Kelebihan Android

Open Source 

Salah satu kelebihan Android adalah sistem operasi ini bersifat terbuka atau open. Jadi siapapun dari perusahaan manapun bebas menggunakan sistem operasi Android untuk perangkat mereka. Karena Android bersifat open source otomatis Android lebih banyak memiliki pengembang dari pada Apple.  Dengan begitu Android lebih banyak memiliki fitur yang disematkan oleh para developernya. Karena dia bersifat opensource, ini membuat sistem operasi ini juga dapat dikustomisasi sebebas pengguna inginkan. Dengan begitu, ponsel yang memiliki sistem operasi Android dapat mengaturnya sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. 

Aplikasi yang tersedia lebih banyak 

Kelebihan android yang kedua terdapat di perbedaan yang paling mendasar antara Android dan IOS adalah aplikasi yang disediakan.Android memiliki pusat aplikasi bernama Play Store.  Di dalam Play Store itu sendiri tersedia ribuan bahkan jutaan aplikasi yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Berbeda dengan aplikasi yang tersedia di App Store, kebanyakan adalah aplikasi yang berbayar. Aplikasi yang tersedia juga tidak sebanyak di Play Store itu dikarenakan apel sangat menyeleksi aplikasi yang disediakan di App Store. Hanya aplikasi yang terpercaya dan berkualitas saja yang dapat masuk kedalam App Store. 

Multitasking lebih mudah

Di karenakan sifat dasar Android yang bersifat opensource, ini membuatnya dapat memiliki fitur-fitur multitasking. Ini mengapa multitasking menjadi kelebihan android yang ketiga. Berbeda dengan OS yang tidak menyediakan fitur ini dan jika bisa kamu harus menggunakan aplikasi lain. 

Kekurangan Android

Manajemen yang kurang baik

Setelah kita membahas keunggulan yang dimiliki Android, bagian ini akan membahas sisi buruknya. Android memiliki manajemen RAM yang tidak optimal ketimbang IOS. Terbukti banyak sekali youtuber yang melakukan tes atau uji performa antara smartphone Android dan iPhone dan ternyata iPhone dengan RAM 3 sampai 4 giga saja tidak kalah kencang dengan smartphone berbasis Android yang memiliki RAM 6 sampai 8 Giga. Salah satu faktornya tentu saja ayo IOS memiliki manajemen RAM yang lebih baik ketimbang Android.

Lebih rentan terkena virus dan Malware

Di atas sudah disebutkan bahwa  Android mempunyai sifat terbuka atau open source. Alhasil Android lebih rentan terkena virus dan Malware dibandingkan IOS yang sangat jarang terjadi. Tetapi sudah menjadi rahasia umum kalau sistem keamanan IOS lebih baik daripada Android. Tapi ada satu virus yang tidak bisa di amankan oleh IOS. 

Susah menghapus aplikasi bawaan

Hal yang cukup menjengkelkan bagi pengguna smartphone Android adalah banyaknya blogger atau aplikasi bawaan yang gak berguna sehingga akan banyak memakan memori penyimpanan untuk menghapusnya pun tidak mudah. Kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu. Ini berbeda dengan IOS, kalau ada aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan kamu hanya perlu langsung menghapusnya.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Android dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Semoga informasi ini berguna untuk kamu ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *