Bekerja Di Rumah Dengan Baik Dan Benar

Bekerja di Rumah atau arti bagus versus english-nya work from home (WFH) bukan hal baru. Langkah ini telah ada lama dan sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan.

Tetapi, akhir-akhir ini karena wabah virus corona (COVID-19) menebar secara cepat, pemerintahan juga keluarkan anjuran supaya perusahaan di Indonesia membuat peraturan WFH untuk beberapa pekerjanya. Tagar #dirumahaja terkenal sekarang ini buat memberikan dukungan meluasnya peluang penebaran virus corona.

Menyinggung, kerja di dalam rumah. Di jaman now, terang ini jadi rintangan tertentu buat siapa walau dapat disebut WFH itu gampang dikerjakan. Ditambah kita di jaman yang serba online alias seluruh kepentingan mekanisme kerja disokong oleh mekanisme info dan tehnologi yang makin hebat.

Rintangan WFH Jaman Now

Untuk kamu yang sekarang ini terdampak peraturan WFH dari kantor sepanjang beberapa minggu, bisa saja sebentar kamu berasa benar-benar suka dan merdeka. Hore, hore, asyik dapat WFH sebab tidak ada bos yang memantau. Upps, jangan terbuai guys!

WFH benar-benar memberi kebebasan, seperti bebas mengelola waktu, baju dan tempat kerja. Bahkan juga, kamu dapat bekerja ‘senyamannya’ versus kamu, misalkan kenakan pakaian ala-ala kandungannya tak perlu baju kantor yang tuntut tampil rapi, plus kerja versus ‘rebahan’ di kasur tanpa orang yang mengetahui.

Tetapi, rintangan WFH  lumayan besar. Pikirkan nih ya, situasi rumah atau kost kamu yang paling rileks pasti benar-benar berlainan dengan situasi kantor yang sama dengan aktfitas kerja di tiap sudutnya. Belum juga bujukan diri untuk selalu tiduran di kasur atau sofa favorite, atau bujukan untuk terus menerus online di media sosial atau bujukan menonton drama korea waktu jam kerja. Tidaaaak, beberapa hal ini jangan dikerjakan ya!

Ingat kamu tidak lagi LIBURAN  tetapi kembali KERJA. Jadi beberapa kondisi penuh ‘kesantaian’ yang membuat kamu begitu rileks lalu pilih berleha-leha saja itu harus dihapus. Janganlah sampai kamu cuman menghabiskan waktu, tidak bekerja dengan optimal dan pekerjaan semakin menumpuk.

Lantas bagaimanakah triknya untuk dapat terus konsentrasi kerja waktu work from home? Berikut 7 panduan simpel yang dapat kamu coba supaya masih konsentrasi waktu bekerja di rumah atau kost.

1. Masih Disiplin dan Awasi Bermain Medsos

Coalah untuk belajar disiplin saat kamu kerja di dalam rumah. Walau tidak ada bos yang memantau, kamu harus dapat mengendalikan jam kerja sendiri. Jauhi untuk bermain media sosial terus menerus, awasi waktu mu online di medsos. Bila perlu konsentrasi untuk buka file-file yang berkaitan dengan pekerjaan.

Salah satunya rintangan paling besar waktu bekerja di rumah ialah kebebasan waktu. Di mana kondisinya, kamu memungkinkan bermalasan sampai kehilangan banyak waktumu yang bernilai. Tetapkan jam kerja seperti umumnya. Yakinkan kamu lebih keras dan disiplin pada diri kamu sendiri hingga seluruh pekerjaan dapat dituntaskan secara baik, sesuai deadline.

2. Bekerja Di Rumah Dengan Buat Agenda Fokus Pekerjaan

Bermacam pekerjaan rumah pasti tetap jadi tanggung jawabmu dan harus dituntaskan secara baik. Jangan menambah adukkan pekerjaan rumah ini dengan pekerjaan yang kamu bereskan, karena ini dapat membuat semua jadi amburadul.

Bikinlah agenda yang pasti untuk pekerjaan rumah dan tuntaskan secara baik semua, dan dapat kerjakan tugasmu dengan bebas tiada terusik dengan pekerjaan rumah yang lain. Misalkan, kerja mulai seperti umumnya seperti jam kantor, jam 9 pagi – 5 sore. Karena itu, waktu jam istirahat yaitu jam 12 siang sampai jam 1 siang, di jam tersebut kamu dapat mengambil istirahat, membeli makan siang atau masak versus cepat untuk makan siangmu.

3. Bekerja Di Rumah Aplikasikan Hidup Sehat dan Menjaga Kebersihan

Walau tidak pergi ke kantor dan harus mangkir pada pukul spesifik, bukan bermakna harus bangun siang dan melepaskan makan pagi. Jauhi hal ini, karena ini dapat membuat hidupmu jadi tidak teratur dan imbang.

Lakukan untuk selalu bangun pagi dan nikmati makan pagi dengan tenang, supaya mempunyai energi yang cukup buat bekerja. Janganlah lupa olahraga secara teratur dan tentukan aplikasikan gaya hidup yang sehat dalam rutinitasmu.

Janganlah lupa untuk selalu membersihkan tangan dengan bersih, makan-makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Lantas, minum air putih yang cukup supaya keadaan tubuh masih bugar waktu bekerja di rumah.

4. Jelaskan Tugasmu dan Minta Pemahaman dari Keluarga

Tinggal bersama-sama dengan keluarga pasti membuat rumah lebih ramai, tetapi ini bisa menjadi rintangan tertentu untukmu. Kamu harus mempunyai waktu dan situasi yang memberikan dukungan tugasmu, untuk bermacam tugasmu dapat usai secara baik.

Berikan mengenai tugasmu ke bagian keluarga di dalam rumah, hingga mereka dapat pahami dan memberikan ruangan yang cukup untukmu bekerja. Ini akan menangani bermacam salah paham, dan mereka bisa juga mendukungmu dalam bekerja.

5. Bekerja Di Rumah Dengan Buat Ruangan Kerja yang Tenteram

Mempunyai ruangan kerja spesial di dalam rumah pasti benar-benar membahagiakan, di mana kamu dapat konsentrasi pada tugasmu tiada terusik dengan bermacam hal yang lain. Kamu dapat membenahi ruang ini dengan pas dan betul-betul sesuai kemauanmu dan dapat bekerja dengan semakin nyaman di situ. Ini akan memberi imbas positif pada bermacam pekerjaan yang diatasi.

Jika kamu tidak punyai ruangan kerja sendiri, ya buat pojokan kerja yang tenteram buat bekerja. Jadi kamu dapat lebih inovatif di sini, misalkan tentukan pojokan yang membuat kamu tenteram lama-lama bekerja, apa di atas meja atau bisa lebih nikmat dengan lesehan.

6. Jauhi Tunda Pekerjaan

Walau mempunyai saat yang panjang dan benar-benar bebas untuk bekerja, bukan bermakna dapat menahan-nahan tugasmu. Kamu harus bekerja dengan disiplin sejauh waktu, dan seluruh pekerjaan dapat usai dengan on time. Jauhi untuk menahan-nahan pekerjaan, karena ini akan bikin rugi diri kamu sendiri dan berpengaruh jelek untuk kariermu.

Agar produktif, yakinkan kamu telah membuat fokus apa yang penting ditangani hari itu juga. Bikinlah daftar segala hal yang penting ditangani, lalu kasih sinyal yang mana fokus penting (penting/deadline) dan yang mana kelompok oposional. Semua bergantung dari mekanisme kamu bagi-bagi pekerjaan.

7. Ciptakan Mood Pagi yang Positif

Untuk mengawali hari, teruslah bangun pagi dan mengawali hari dengan kegiatan rutin yang sehat. Kamu perlu mandi dan memakai baju yang tenteram, lalu betul-betul siap-siap untuk mengawali pekerjaan. Makin pagi mulai bekerja, maka semakin cepat tugasmu dapat dituntaskan.

Mulai harimu dengan membaca quotes motivasi atau dengarkan musik favorite sambil nikmati teh/kopi. Buat mood positif semenjak pagi hari, sukuri kondisimu, kesehatanmu, pekerjaan yang kamu punyai dan sedapat mungkin untuk menghindar bermalasan atau tiduran kelamaan.

Konsentrasi dan Komunikasi Jadi Kunci Berhasil WFH

Bekerja di rumah menjadi opsi yang pas, khususnya di saat darurat seperti keadaan virus corona. Kuncinya, menjaga kesehatanmu secara baik, kerjakan yang terhebat waktu kamu bekerja di rumah. Lebih bagus jauhi keramaian atau kerja dari coffee shop atau mall. Janganlah lupa, masih menjaga komunikasi dengan atasan atau team seksi kamu.

Komunikas jadi poin utama supaya seluruh pekerjaan kantormu dapat teratasi secara baik. Bila ada sesuatu hal yang tidak kamu pahami, tidak perlu tunda-tunda untuk menanyakan. Kepentingan kantor, selekasnya kontak dan sampaikan secara baik denngan orang berkaitan lewat telephone, whatsapp atau e-mail. Kamu tentu dapat, semangat #dirumahaja dan kerja di rumah ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *