Arti Kebiasaan Baru dan Penerapannya

Kalian semua pasti sudah pernah mendengar istilah yang sering disebutkan di masa pandemi Global covid19 saat ini yaitu New Normal atau dikenal dengan istilah adaptasi kebiasaan baru. Kalau begitu kira-kira apa sih new normal itu atau arti kebiasaan baru?

Apa arti Kebiasaan Baru

Secara bertahap pemerintah sudah mulai mengimplementasikan konsep new normal atau adaptasi kebiasaan hidup baru sebagai upaya agar masyarakat dapat kembali produktif namun tetap aman dari covid 19. The Normal atau adaptasi Kebiasaan Baru bukan dimaksud sebagai kebebasan bagi masyarakat untuk melakukan apapun dengan meninggalkan protokol kesehatan. Masyarakat harus tetap disiplin dan patuh mengikuti anjuran yang ada agar tidak memperluas pengeluaran Covid 19.

Kenapa Kebiasaan Baru?

Idealnya konsep atau arti kebiasan baru dapat dilaksanakan saat kurva reaksi Covid 19 sudah menurun dan itu menandakan bahwa kasus baru infeksi Covid 19 mulai berkurang. Selama masa pandemi ini perekonomian dunia dan Indonesia mengalami perlambatan. Oleh karena itu, Pemerintah ingin menerapkan kebijakan new normal agar dampak pandemi terhadap ekonomi yang signifikan ini tidak sampai menimbulkan krisis yang berkepanjangan. 

Presiden Jokowi meminta kepada masyarakat Indonesia untuk dapat berdamai dan hidup berdampingan dengan virus Corona. Yang dimaksud dengan berdampingan atau arti kebiasaan baru menurut Presiden Jokowi bukan berarti masyarakat harus menyerah tapi masyarakat harus bisa segera menyesuaikan diri setelah beberapa bulan kasus positif covid 19 yang melonjak di Indonesia. Akhirnya pada pertengahan Mei 2020 Presiden Jokowi dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memulai menerapkan prinsip Normal dimana kita harus mengubah kebiasaan hidup yang lama dengan kebiasaan hidup yang baru agar tetap produktif dan aman dari ancaman Covid 19.

Arti kebiasaan baru dapat juga disebut sebagai transformasi yang dilakukan untuk menata kehidupan dan sebuah kebiasaan baru ketika masa pandemi dan diharapkan akan bisa dibawa terus sampai ditemukannya vaksin untuk covid 19. Untuk membiasakan adaptasi kebiasaan hidup baru di dalam lapisan masyarakat, tim gugus tugas ingin menerapkan gerakan yang dinamakan empat sehat lima sempurna. Gerakan ini tidak sama dengan pola konsumsi makanan yang sudah ada sebelumnya tetapi lebih tertuju kepada protokol kesehatan pada saat masa pandemi. 

Gerakan 4 sehat 5 sempurna

Gerakan ini lebih ditujukan pada pencegahan penularan virus Corona. Apa itugerakan 4 sehat 5 sempurna? Mari kita simak bersama sama. 

Gerakan 4 sehat adalah:

  1. Memakai masker pada saat diluar dan berinteraksi dengan orang.
  2. Menjaga jarak fisik ketika berada diluar. 
  3. Mencuci tangan saat memegang barang/benda diluar rumah. 
  4. Istirahat yang cukup dan tidak panik 

Yang menjadi pelengkap dari 4 hal diatas adalah adalah makan makanan yang bergizi karena tubuh kita perlu membentuk sistem imunitas yang tinggi. Kebiasaan Baru ini wajib kamu terapkan juga dalam kehidupan sehari-hari seperti di tempat kerja, di sekolah, di transportasi umum, di restoran, di warung makan, setelah bepergian dan di tempat lainnya yang kamu harus terapkan untuk mencegah penularan covid 19. Jangan lupa untuk menerapkannya ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *