6 Penyebab Boros saat Puasa yang Harus Dihindari !

Kirim Uang

Sejatinya, bulan puasa bisa membuat pengeluaranmu semakin berkurang. Karena dengan menahan makan dan minum seharian, kamu jadi gak perlu keluar duit untuk sarapan atau makan siang.

Seharusnya sih, kamu bisa menghemat lebih banyak uang di bulan penuh berkah ini. Tapi pada kenyataannya, banyak juga lho orang-orang yang justru pengeluarannya lebih banyak saat Ramadan.

Kira-kira apa sih penyebab boros saat puasa?

1. Keseringan buka puasa bersama

Bulan puasa memang momen yang paling tepat untuk bersilaturahmi dengan teman-teman, khususnya teman yang sudah lama tidak bertemu. Biasanya sering banget nih di saat Ramadan, ada undangan bukber dari berbagai kolega, entah itu teman SD, SMP, SMA, kuliah, kerja, tetangga, mantan tetangga, dan lain-lain deh pokoknya. Nah ternyata kebiasaan ini bisa bikin duit kamu boros saat puasa lho.

Karena rata-rata bukber digelar di kafe-kafe atau restoran ternama. Ya minimal untuk membayar makan dan minum bisa Rp 50 ribu. Coba bayangin kalau keseringan kan lumayan menguras juga. Lebih baik sih sewajarnya saja, misal seminggu sekali, atau kalau perlu bukbernya di rumah teman kamu saja biar gratis. Yang penting kan silaturahminya, bukan tempatnya!

2. Beli takjil berlebihan

Selama bulan puasa, takjil atau jajanan ringan untuk berbuka adalah hal yang paling diburu. Ketika seharian berpuasa tentu perutmu akan kelaparan saat beli tajil hasrat untuk membeli dalam jumlah sebanyak-banyaknya pun muncul.

Padahal, nanti beberapa ada yang gak kemakan juga, gara-gara udah kenyang sama nasi dan kembung sama minuman. Daripada mubazir coba deh beli secukupnya saja, yang penting cukup untuk membatalkan puasa. Cara ini bisa menghindari kamu dari boros saat puasa.

3. Kepincut diskon lebaran

Sama halnya dengan momen-momen istimewa lainnya, saat lebaran juga kamu bakal menemukan segudan penawaran diskon. Mulai dari diskon pakaian, sepatu, elektronik, hingga makanan semuanya pokoknya ada diskonnya. Nah buat orang yang gak kuat iman, biasanya main asal beli aja, gampang kehasut untuk membeli produk tersebut, apalagi pas THR udah turun.

Bagi orang yang demen belanja, alangkah baiknya untuk gak main-main ke pusat perbelanjaan. Karena kamu bakal melihat penawaran yang menggoda hanya dalam beberapa langkah saja. Kalau dituruti satu kali sih gak papa, tapi gimana kalau sampai kamu ketagihan buat beli terus. Duh, lebarannya belum tapi duitnya udah abis duluan kalau gitu caranya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *