5 Tips Mudik Irit Tanpa Bikin Kantong Bolong

kirim-uang
Kirim Uang

Mudik atau pulang kampung menjadi tradisi orang Indonesia ketika momen Idul Fitri datang. Biasanya para pekerja yang merantau ke Jakarta atau pendatang yang mengadu nasib dan tumbuh besar di kota ini ikut melakukan tradisi tersebut.

Mereka yang berada di luar negeri pun rela menempuh jarak ratusan ribu kilometer demi hari kemenangan yang wajib dirayakan bersama keluarga. Nah masalahnya, tradisi ini bukanlah tanpa biaya. Seringkali juga mengocek pengeluaran cukup besar. Apalagi kalau kamu mudik sekeluarga yang terdiri dari lima orang lebih.

Ada baiknya penggunaan THR atau Tunjangan Hari Raya ini benar-benar diperuntukkan untuk dana darurat saat mudik. Simak jurus ampuh berikut ini untuk mudik irit makin asik tanpa perlu keluar banyak uang.

Bikin rencana anggaran

Apapun urusannya jika sudah berhubungan dengan uang wajib hukumnya membuat rencana anggaran. Apalagi kegiatan ini rutin kamu lakukan setiap tahun. Pastinya dari jauh hari kamu sudah memprediksi berapa biaya yang akan dikeluarkan dong.

Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, ada biaya perawatan kendaraan yang wajib kamu siapkan supaya bisa mudik irit. Juga ongkos bahan bakar atau BBM selama perjalanan dan biaya tol.

Hitung kesiapan dana

Bila memang kondisimu dalam setahun ini gak memungkinkan mudik gak usah berkecil hati. Kamu bisa mengukur kesiapan diri untuk mudik dengan penyusunan anggaran tadi, sehingga bisa terlihat bagian mana yang perlu dihapus untuk mudik irit.

Misalnya saja uangmu hanya cukup untuk biaya tiket PP tanpa membawa buah tangan ya gak masalah. Esensi pulang ke kampung halaman adalah merayakan hari kemenangan seraya berkumpul bersama keluarga. Gak selalu ajang bagi-bagi oleh-oleh atau angpao kok.

Manfaatkan tawaran diskon

Momen Ramadan juga dijadikan sebagai ajang diskon gila-gilaan oleh para peritel. Jadikan momen diskon ini sebagai salah satu cara penghematan anggaran membeli tiket mudik irit. Atau bahkan sekedar membeli buah tangan yang murah meriah.

Siapa tahu ada satu setel baju muslim yang diskon besar-besaran dan bisa kamu bawa ke kampung untuk sanak saudara atau orang tua. Intinya jangan gengsi aja.

Optimalkan transaksi nontunai

Hampir semua lini telah beralih ke transaksi nontunai. Misalnya saja jasa transportasi. Jika di kampung halamanmu sudah ada jasa transportasi online, kamu bisa memanfaatkan salah satu dari kanal pembayaran nontunai untuk lebih menekan biaya mudik irit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *