4 Jurus Jitu Amankan Keuangan Saat Puasa

kirim-uang
Kirim Uang

Bulan puasa seharusnya menjadi bulan baik untuk menahan hawa nafsu. Baik untuk makan, minum, emosi bahkan keuangan lho. Tetapi sayang, di negara berkembang seperti Indonesia saat ini, menjelang puasa bahkan sebelum hari Lebaran justru harga barang malah naik.

Gak cuma itu aja faktor pengeluaran membengkak, pola konsumsi masyarakat di bulan ini menjadi gak terkontrol dengan benar. Belum untuk kirim uang THR. Gak jarang, banyak masyarakat yang menjadi lapar mata hingga boros tanpa disadari.

Gak mau kan boncos di bulan ini? Untuk itu aturlah keuanganmu dengan baik dan benar. Sesuaikan dengan apa-apa saja yang menjadi kebutuhan, bukan sekedar keinginan. Nah, berikut ini lima hal yang perlu kamu lakukan untuk amankan keuangan saat puasa.

Perhitungkan lagi apa yang ingin dibeli

Pola konsumsi sebagian besar masyarakat saat berpuasa akan berubah. Itu umum terjadi pada sebagian besar orang. Sayangnya hal ini gak bagus untuk kesehatan keuangan saat puasa lho.

Biaya makan jadi jauh lebih besar karena kamu pasti lapar mata dan ingin membeli ini itu. Padahal belum tentu juga bakalan kamu habiskan semuanya kan? Itu hanya keinginan sesaat yang membuat penghasilan membengkak.

Seharusnya, jika dihitung pengeluaran kamu akan jauh lebih irit karena hanya perlu mengeluarkan uang untuk berbuka puasa saja dari biasanya kamu jajan seharian kan? Untuk itu, perhitungkan kembali jumlah pengeluaran saat membeli makanan untuk berbuka.

Buat rencana menu selama sebulan

Gak ada salahnya kamu merencanakan dengan baik menu sahur atau berbuka. Buat selama satu bulan penuh agar kamu tahu berapa banyak pengeluarannya. Ini akan jauh lebih memudahkan kamu memantau pengeluaran kamu selama berpuasa.

Belanja lebih awal

Seharusnya kamu sudah belanja sebelum bulan ramadhan. Kenapa? karena untuk meminimalisir pengeluaran. Karena gak sedikit barang yang naik menjelang puasa, bahkan setelahnya.

Kamu juga gak perlu menimbun barang kok. Beli sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan keuangan saat puasa yang telah kamu buat sebelumnya tersebut.

Selektif memilih agenda buka puasa bersama

Nah ini juga yang sering menjadi biang kerok membengkaknya anggaran pengeluaran. Menjadi hal yang wajar sih kalau kamu diajak bukber dengan rekan, klien, kerabat bahkan orang terkasih. Tetapi perlu diingat gak perlu setiap akhir pekan lho!

Dan coba pilih undangan buka puasa bersama mana yang benar-benar diperlukan. Gak mungkin juga semua ajakan kamu terima mengingat kondisi finansial selama satu bulan ke depan gak stabil seperti biasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *