4 Cara Bijak untuk Mengelola THR

kirim-uang
Kirim Uang

Pemerintah telah meneken keputusan tentang pencairan THR PNS tahun 2019. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin mengatakan uang tunjangan tersebut dipastikan akan cair dan sampai ke rekening masing-masing PNS pada 24 Mei 2019.

Buat para PNS, mungkin kalian akan terkejut-kejut dengan besaran THR yang diberikan oleh pemerintah. Biasanya sih semakin besar uang yang didapat, kita bakalan nafsu untuk segera menghabiskannya, apalagi ini sifatnya uang ekstra, bukan gaji pokok.

Hati-hati jangan sampai THR-mu numpang lewat doang. Justru seharusnya kamu bisa memanfaatkannya dengan lebih bijak demi masa depan kamu. Berikut tips mengelola THR yang harus kamu tahu.

1. Dana darurat

Mengelola THR tidak boleh melupakan dana darurat. Ingat, setiap bulan kamu harus menyisihkan uang untuk kebutuhan tak terduga. Dana ini berguna saat kamu mengalami kondisi-kondisi yang tak diduga-duga misalnya, berobat, atau membayar segala keperluan yang sifatnya tiba-tiba. Paling tidak kamu harus memiliki dana darurat sebesar 3 – 6 kali gaji. Nah untuk memenuhi target sebesar itu, lebih baik sisihkan sedikit THR kamu, idealnya sih sekitar 10 persen dari THR.

2. Jangan lupa untuk zakat

PNS pastilah masuk ke dalam golongan orang-orang yang wajib zakat. Karena memang gaji yang didapatkan pasti besar, apalagi PNS di DKI Jakarta. Jadi jangan lupa beramal kepada sesama dengan memberikan zakat. Apalagi bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, pahalamu juga bakal berlipat kalau beramal pada bulan ini.

3. Membayar utang

Tips mengelola THR berikut ini merupakan yang paling penting juga. Uang lebih dari THR alangkah baiknya kalau dialokasikan untuk membayar utang atau cicilan yang belum lunas. Diharapkan THR yang kamu dapatkan bisa meringankan bebanmu.

4. Keperluan mudik dan lebaran

Mudik adalah tradisi yang selalu dijalankan oleh umat muslim di Indonesia. Karena lebaran adalah momen yang paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar dan tentunya bermaaf-maafan.

Nah untuk bisa balik ke kampung, kamu memerlukan uang yang ekstra, misalnya untuk membeli tiket pesawat, kereta, bus, atau kalau membawa kendaraan pribadi kamu butuh dana untuk membeli bensin, bayar tol. Biar gak pusing saat mudik tiba, lebih baik mengelola THR untuk keperluan lebaran.

Itu tadi beberapa cara bijak dalam mengelola THR PNS tahun ini. Jangan lupa gunakan untuk hal-hal yang penting ya. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *