Susah Berhemat ? Ini 4 Cara Menabung Simpel

uang-digital
Uang Digital

Gak sedikit orang yang merasa kebingungan sendiri menentukan cara menabung yang tepat agar selalu konsisten dan gak gagal terus menerus.

Meskipun terdengar sepele, nyatanya masih banyak orang yang merasa kesulitan menyisihkan uang setiap bulan untuk dialokasikan ke tabungan.

Pasalnya dengan cara menabung di bawah ini, kamu gak perlu pusing tuh mikirin menyisihkan uang buat dilempar ke rekening tabungan atau investasi. Jadi, bisa dibilang gak menyiksa.

Apa aja cara menabung tersebut ? Berikut ini empat di antaranya.

1. Money in a jar

Money in a jar kini menjadi salah satu cara menabung yang banyak diterapkan orang dan terbukti efektif. Caranya pun gampang banget, kamu tinggal menggunakan toples atau wadah kaca transparan.

Kenapa transparan? Ya, wadah transparan itu bisa mensugesti seseorang untuk melihat jumlah uang yang mereka tabung setiap hari. Ibaratnya, sekaligus menabung mimpi dan akan semakin semangat saat mimpi itu semakin dekat. Jangan lupa juga untuk menempelkan tulisan beserta foto tujuan kamu menabung.

2. Celengan

Menabung lewat celengan juga kembali jadi idola. Jadi, menabung sekalian bernostalgia saat masih sekolah dulu.

Cara menabung ini juga hampir sama dengan menabung di dalam wadah. Kamu dapat menyisihkan pecahan uang kertas setiap hari.

Tapi karena uangnya gak bisa kamu lihat, dijamin kamu akan terkejut sendiri saat celengan sudah terisi penuh dan dipecahkan. Gak terasa, tahu-tahu bisa dapat uang jutaan rupiah.

Nah, kamu disarankan untuk mempunyai celengan yang cukup besar dan bentuknya juga unik. Jadi, akan mikir berkali-kali saat ingin memecahkan celengannya. Seru banget kan?

3. Sesuai tanggal

Cara menabung selanjutnya adalah dengan menggunakan metode tanggalan. Maksudnya gimana? Jadi, kamu menyimpan uang di dalam wadah dengan nominal sesuai tanggalan.

Misalnya, tanggal 1 yaitu Rp 1.000, tanggal 2 sebesar Rp 2.000 dan seterusnya hingga akhir bulan. Jika sudah akhir bulan, kamu dapat mengambil uang tersebut dan simpan di tempat yang tak terlihat atau bisa diamankan di tabungan kamu.

Coba dihitung-hitung ya, kalau dalam satu bulan ada 31 hari, maka setiap bulan kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp 496 ribu. Berarti dalam satu tahun kamu bisa mendapatkan Rp 496 ribu x 12 bulan yaitu hampir Rp 6 juta.

Uangnya bisa kamu alokasikan ke investasi, salah satunya reksadana. Dengan niat awal Rp 1.000 dan meningkat sedikit demi sedikit tiap hari, kamu bisa mendapatkan uang sampai jutaan rupiah di akhir masa tertentu. Asik banget.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *